The Lost Hero

Reading time ~2 minutes

Jason bangun di belakang bus sekolah, di sampingnya ada seorang gadis manis yang memegang tangannya. Sayangnya dia tak bisa mengingat siapa nama gadis tersebut apalagi apa yang sedang dia lakukan di sini.

Di dalam bus tersebut, puluhan anak duduk di tempatnya masing-masing, sebagian sedang mendengarkan musik, ngobrol, atau tidur. Mereka semua berumur sekitar belasan tahun, seusia dengannya. Yang paling menakutkan adalah, dia bahkan tidak ingat berapa usianya.

Tepat di depan tempat duduk Jason, seorang anak laki-laki Latino tiba-tiba berbicara dengannya dengan nada akrab. Sementara dia tak mengingat sama sekali siapa anak itu. Yang dia rasakan adalah dia tak seharusnya ada di tempat ini.

—disadur dari bagian pertama The Lost hero

The Lost Hero” adalah awal dari serial “The Heroes of Olympus”, lanjutan dari serial “Percy Jackson & The Olympians” yang dikarang oleh Rick Riordan. Tokoh utama di buku ini adalah Jason, pemuda yang hilang ingatan, ditemani Piper, gadis manis putra seorang aktor terkenal, dan Leo, mekanik yang kabur dari keluarga angkatnya.

Penokohan dalam buku ini cukup rumit. Masing-masing tokoh utama mempunyai rahasia dan konflik batin yang menyelimuti persahabatan mereka. Kenyataan bahwa persahabatan selama ini hanya ilusi, menambah ketidak-percayaan diri takut rahasia tersebut menyakiti satu dengan lainnya.

Suasana dan deksripsi lokasi tidak digambarkan terlalu detail, hanya secara global untuk mendukung cerita.

Tema remaja dan pencarian jati diri. Novel ini kental sekali mengkisahkan pencarian jati diri dalam diri masing-masing tokoh.

The Lost Hero cover

Kelebihan yang saya temukan di buku pertama serial “The Heroes of Olympus” ini, pengembangan tokoh yang lebih dalam dan gaya bahasa yang berbeda dari serial sebelumnya “Percy Jackson & The Olympians”. Banyak aksi seru yang dihadirkan sepanjang jalan cerita. Keanehan Jason yang selalu menyebut dewa yunani dengan nama yang diberikan oleh Roma juga membuat saya penasaran. Cukup menarik bagi saya, mengetahui gaya bercerita Rick Riordan website yang cukup berbeda, sedikit sekali candaan atau komentar sarkastis dalam dialog antar karakter.

Kekurangan buku ini adalah cerita mudah ditebak jalan ceritanya. Tebakan saya karena buku ini masih merupakan awal dari serial yang masih belum diketahui akhirnya. Meski latar belakang masing-masing tokoh cukup kelam dan tragis, alur cerita buku ini masih kurang tragis.

Kesimpulan, buku ini layak dibaca, sebagai kelanjutan dari serial sebelumnya dan pembuka serial baru. Kisah baru yang cukup segar, berbalikan dari gaya bahasa di serial sebelumnya, membuat saya ingin terus membaca dan tidak sabar untuk menyelesaikannya. Bagi penggemar mitologi seperti saya, kisah berlatar belakang modern seperti ini, lebih terasa dan mudah dicerna, karena kebudayaan yang dibawakan begitu dekat dengan masa kini. Rekomendasi saya, baca serial sebelumnya jika kamu sudah selesai membaca buku ini. Kamu akan menemukan keutuhan cerita jika pernah membaca serial sebelumnya.

Terima kasih sudah membaca resensi novel “The Lost Hero”, jika kamu punya kesan atau pesan yang ingin disampaikan, sampaikan di kotak komentar di bawah.

Detail buku:

  • Judul: The Lost Hero
  • Pengarang: Rick Riordan
  • Format Buku: ebook
  • Halaman: 448
  • Series: The Heroes of Olympus #1
  • Genre: remaja, fiksi, fantasi, mitologi
  • ISBN: 978-1-4231-4540-0
  • Harga: $6.99
  • Penerbit: Disney Hyperion; edisi pertama (12 Oktober 2010)
  • Bahasa: Inggris

Kindle Paperwhite: Pengalaman Membaca Yang Menyenangkan

Membaca buku adalah salah satu hobi yang sudah lama saya tekuni. Genre buku yang saya baca bervariasi dari buku teknik, novel, cerpen, da...… Continue reading

The Son of Neptune [The Heroes of Olympus]

Published on January 11, 2014

Bartimaeus: The Ring of Solomon

Published on January 19, 2014