The Darkness of Gatotkaca

Reading time ~1 minute

Seorang patriot yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai yang dia pegang.

Seorang panglima perang yang selalu melaksanakan tugas dengan tuntas.

Seorang pahlawan yang selalu rela berkorban demi bangsa dan junjungannya.

Sosok yang hidup dalam kesendirian dan kesunyian.

quote ini diambil dari sampul buku The Darkness Of Gatotkaca

The Darkness of Gatotkaca buku karangan Pitoyo Amrih, baru saja selesai saya baca. Buku ini menceritakan tentang kisah kehidupan Gatotkaca, tokoh dunia wayang yang memiliki kesaktian tanpa tanding di dunia wayang. Gatotkaca lahir dari pasangan Raden Bima dan Dewi Arimbi. Bisa dikatakan persilangan antara manusia dan bangsa raksasa.

The_Darkness_of_Gatotkaca_big

Gatotkaca dijadikan dewasa dalam beberapa minggu setelah kelahirannya dengan kesaktian bangsa dewa, untuk menjaga keamanan Kerajaan Jonggring Saloka yang waktu itu tengah kritis akibat akan diserang oleh Prabu Kalapracona dari kerajaan Gilingwesi. Lebih tepatnya lagi, senjata hidup yang diciptakan bangsa dewa.

Buku ini menceritakan sisi lain sosok Gatotkaca yang juga memiliki sisi manusia biasa, kemarahan, kebencian, kesenangan, hanya saja tak bisa diungkapkan karena harapan orang-orang terdekatnya terlalu tinggi. Hal yang sebenarnya bukanlah sisi gelap, lebih tepatnya sisi manusia, kurang pas dengan judul buku ini.

Tempo cerita buku ini menurut saya terlalu bertele-tele di bagian awal, kemudian bertempo cepat mendekati akhir, seolah penulis ingin segera menyelesaikan buku ini. Banyak kalimat yang diulang dalam satu paragraf yang kadang membuat bingung dan salah ketik. Mungkin kekurangan dari sisi editorial. Saya lebih menikmati membaca karya Pitoyo Amrih sebelumnya berjudul “Antareja Antasena: Jalan Kematian Para Ksatria”.

Kindle Paperwhite: Pengalaman Membaca Yang Menyenangkan

![Tampilan Home Kindle Paperwhite dalam format list](/images/old/2013/08/Kindle-Paperwhite-01.jpg)Membaca buku adalah salah satu hobi yan...… Continue reading

Bartimaeus: The Ring of Solomon

Published on January 19, 2014

The Lost Hero

Published on January 03, 2014