The Son of Neptune [The Heroes of Olympus]

Reading time ~2 minutes

Percy memukul kepala Stheno dengan nampan besi sampai pingsan. Kemudian dia menaruh nampan besi itu di pantatnya sambil berdoa kepada dewa Romawi manapun yang mungkin melihatnya melakukan trik sembrono ini, dan kemudian dia melompat dari sisi bukit.

Ide meluncur di sisi bukit dengan nampan besi berkecepatan lebih dari enam puluh kilometer, dan sudah sangat terlambat jika menyadari bahwa hal ini adalah ide buruk ketika setengah perjalanan.

—disadur dari bagian pertama dan kedua The Son of Neptune

Sinopsis

Dalam buku “The Son of Neptune” ini, Percy juga mengalami amnesia, seperti Jason di buku “The Lost Hero”, namun nasib ingatan Percy sedikit lebih baik, Percy masih bisa mengingat satu orang dari masa lalunnya, yaitu Annabeth. Satu hal yang nantinya membuat Percy tahan godaan dari gadis-gadis yang menyukainya.

Hampir delapan bulan dia hilang di telan bumi, akhirnya dia muncul di sekitar San Fransisco untuk menuju menuju perkemahan Jupiter. Setelah mencapai perkemahan tentunya secara dramatis, dia dihadapkan dengan tugas pencarian sesuai dengan perintah Mars. Dari sini, dimulailah petualangan Percy menyelesaikan tugas tersebut sampai bertemu dengan keenam demigod yang telah menantinya untuk melakukan tugas besar.

The Son of Neptune cover

Kesan & Kritik

Pilihan Rick Riordan menampilkan kembali Percy Jackson di buku kedua ini tepat. Dia adalah karakter yang membuat saya menyukai karya Riordan. Kocak, sembrono, dan impulsif. Karakter Percy yang saya sukai.

Gaya bahasa di buku ini ringan dan mengalir. Sudut pandang orang ketiga, yang berpindah-pindah karakter di setiap bagian cerita. Setiap karakter mempunyai gaya bahasa masing-masing. Sehingga tidak membosankan.

Kisah dalam buku ini mengajarkan kejujuran dan keterbukaan. Semangat pantang menyerah terhadap ketidak-pastian hari esok. Persahabatan yang didasarkan kejujuran. Dan jangan menanggung semua beban ketika sahabatmu siap membantumu mengangkat beban itu.

Saya sedikit merasa setiap karakter masih bisa didalami lagi. Namun sepertianya pengarang ingin segera menuntaskan cerita untuk menuju kisah utama yang melatar-belakangi semua kejadian. Kurangnya konflik dan pendalaman karakter, membuat buku ini begitu cepat habis dibaca. Dan keasyikan itu berakhir ketika Argo II berada di langit perkemahan Jupiter.

Pesan

Buku kedua dari serial “The Heroes of Olympus” ini cukup independen untuk dibaca sebagai awal meski belum membaca buku sebelumnya. Buku ini sangat saya sarankan bagi penggemar Percy Jackson, atau penggemar fiksi-fantasi yang mencari buku baru untuk dibaca. Selamat membaca!

Detail buku:

  • Judul: The Son of Neptune
  • Pengarang: Rick Riordan
  • Format Buku: ebook
  • Halaman: 448
  • Series: The Heroes of Olympus #2
  • Genre: Fiksi, fantasi, remaja, mitologi
  • ISBN: 978-1-4231-5511-9
  • Harga: $6.65
  • Penerbit: Disney Hyperion; edisi pertama (4 Oktober 2011)
  • Bahasa: Inggris

Kindle Paperwhite: Pengalaman Membaca Yang Menyenangkan

Membaca buku adalah salah satu hobi yang sudah lama saya tekuni. Genre buku yang saya baca bervariasi dari buku teknik, novel, cerpen, da...… Continue reading

The Lost Hero

Published on January 03, 2014

Bartimaeus: The Ring of Solomon

Published on January 19, 2014